Sabtu, 29 November 2014



Tulisan ini saya dedikasikan untuk tugas tambahan mata kuliah Organisasi Sistem Komputer di http://uzi-online.blogspot.com/2000/11/kuliah-organisasi-sistem-komputer.html


Haii sobat, pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang  Organisasi Komputer, tentu sobat tahu dan sudah paham apa itu Komputer. Komputer sendiri adalah suatu alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan dimana komputer itu sendiri merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan pekerjaan secara otomatis berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga dapat menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Komputer sendiri banyak fungsinya sobat, tentu sobat akan mengerti dan paham jika memang sobat suka bermain komputer. Komputer bisa kita gunakan untuk mengerjakan berbagai tugas di kehidupan kita sehari-hari, bahkan kompuiter kini juga bisa di buat untuk bermain game-game berat (untuk komputer yang High End ya ^_^ ) . Sobat tentu harus paham juga mengapa dan bagaimana komputer itu bisa bekerja, sehingga komputer bisa seperti sekarang ini, membantu segala jenis pekerjaan kita. Berikut ini saya akan terangkan mengenai Organisasi Komputer.

Organisasi Komputer

1.     Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori. Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
 Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.
 
Keterangan jelas mengenai CPU dan perangkatnya:


CPU mengendalikan urutan dari semua pertukaran informasi dalam komputer dan dengan dunia luar melalui unit I/O. Sedangkan unit memori terdiri dari sejumlah besar lokasi yang menyimpan program dan data yang sedang aktif digunakan CPU. Ketiga unit tersebut dihubungkan dengan berbagai macam bus.  

modul-modul hardware seperti :


1. Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses, sementara data dan instruksi lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama. Setiap register dapat menyimpan satu bilangan hingga mencapai jumlah maksimum tertentu tergantung pada ukurannya. Register-register dapat dibaca dan ditulis dengan kecepatan tinggi karena berada pada CPU.
 
2. Elemen aritmatika dan logika merupakan bagian dari komputer yang berfungsi membentuk opersi-operasi aritmatika dan logis pada data. Semua elemen-elemen lain sistem komputer unit kontrol, register, memori, I/O berfungsi untuk membawa data ke ALU untuk selanjutnya diproses dan kemudian mengambil kembali hasilnya.
 
3. Unit pengendali adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.
·        Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
·        Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
·        Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
·        Mengirim instruksi, bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan  logika serta mengawasi kerja.
·        Menyimpan hasil proses ke memori utama.
 
4.  Unit memori untuk menyimpan program dan data. Terdapat dua kelas penyimpanan, primer dan sekunder.
Penyimpanan primer adalah memori cepat yang beroperasi pada kecepatan
elektronik.
Sejak pesatnya teknologi semikonduktor hingga menghasilkan komponen transistor membawa perubahan besar pada dunia komputer. Komputer era ini tidak lagi menggunakan tabung vakum yang memerlukan daya operasional besar, tabung – tabung itu digantikan komponen kecil bernama transistor. Konsumsi daya listrik amat kecil dan bentuknyapun relative kecil.


 5. Unit masukan/keluaran (I/O) merupakan peralatan antarmuka (interface) bagi sistem bus atau switch sentral dan mengontrol satu atau lebih perangkat periperhal. 

 Komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :


1.Unit pengolahan pusat (CPU) adalah bagian utama yang memproses seluruh kerja komputer
2.Unit masukan/keluaran (I/O) adalah bagian dimana input untuk diproses dan output yang akan dihasilkan
3.Unit memori adalah penyimpan data sementara yang sedang diproses


OPERASI MIKRO


Adalah operasi tingkat rendah yang dapat dilakukan oleh komputer atau CPU sehingga fungsi-fungsi operasi akan dihasilkan untuk memindahkan data antar register.
Salah satu cara dalam melakukan operasi mikro tersebut dengan menggunakan bahasa transfer register / Register Transfer Language (RTL).
RTL adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk menjabarkan atau melaksanakan operasi mikro.Untuk mengungkapkan bahasa RTL ini dapat digunakan notasi RTL yang merupakan aturan penulisan pemberian instruksi RTL.  


Struktur Komputer


adalah sebuah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.Interaksi dengan dunia luar dilakukan melalui perangkat peripheral dan saluran komunikasi. Dalam buku ini akan banyak dikaji seputar struktur internal komputer, terdapat empat struktur utama:


· Central Processing Unit (CPU), berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan pusat pengolahan fungsi – fungsi komputer. Kesepakatan, CPU cukup disebut sebagai processor (prosesor) saja.
 
· Memori Utama, berfungsi sebagai penyimpan data.
 
· I/O, berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
 
· System Interconnection, merupakan sistem yang menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.


Komponen yang paling menarik namun paling kompleks adalah CPU. Struktur CPU mempuni dengan struktur utamanya adalah :

·Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secara keseluruhan.
·Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
· Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.
·CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.


 
Fungsi Komputer


Komputer harus dapat memproses data. Representasi data di sini bermacam–macam, akan tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam pengolahan data, komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu mekanisme penyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya. Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi pemindahan data diperlukan antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data.


Sejarah komputer


Generasi Pertama : Tabung Vakum (1945 – 1955) ENIAC

Silinder magnetik untuk menyimpan dataKapasitas penyimpanan kecil.Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.Cepat panas.Proses kurang cepat.Memerlukan dya listrik yang besar.


Generasi Kedua : Transistor (1955 – 1965)


Generasi Ketiga : Integrated Circuits (1965 – 1980)

Pada tahun 1958 terjadi revolusi elektronika kembali, yaitu ditemukannya integrated circuit (IC) yang merupakan penggabungan komponen – komponen elektronika dalam suatu paket. Dengan ditemukan IC ini semakin mempercepat proses komputer, kapasitas memori makin besar dan bentuknya semakin kecil. IBM System/360Tahun 1964 dikeluarkan IBM System/360 yang telah menggunakan teknologi IC. Dalam satu dekade IBM menguasai 70% pasaran komputer.


Generasi Keempat : Very Large Scale Integration (1980 -)

Era keempat perkembangan genarasi komputer ditandai adanya VLSI. Paket VLSI dapat menampung 10.000 komponen lebih per kepingnya dengan kecepatan operasi mencapai 100juta operasi per detiknya.


Nah, sekarang sobat sudah ada sedikit gambaran kan tentang komputer dan organisasi yang ada di dalamnya. Jika sobat memang serius mau memperdalam komputer, belajar dulu tentang apa itu komputer dan komponen-komponenya. Namun, jika sobat mau memperdalam softwarenya ya sobat belajarnya Bahasa Pemrogramannya ya. 

TERIMAKASIH SOBAT SUDAH BERKUNJUNG :)

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Adsense Maker | Blogger Theme by Lare Glundengan