Jumat, 28 November 2014



Hallo sobat, kali ini saya akan membahas tentang jaringan internet, yang mana kali ini berkaitan dengan wifi networking, sobat tentu tahu apa itu wifi. Wifi(wireless) adalah suatu jaringan yang tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisinya, wifi dapat membuat kita berselancar di dunia maya tanpa kita harus menggunakan penghubung, seperti kabel, Jadi, jika kita punya yang namanya gadget  atau laptop atau ya Pc yang terdapat wifinya, maka kita dapat menangkap jaringan wifi jika di sekitar kita ada jaringan wifi yang aktif. Tidak semua jaringan wifi mempunyai daya yang kuat, kecepatan jaringan wifi tentu tidak selalu sama setiap wifi yang satu dengan yang lainnya. Jaringan wifi bergantung kepada apa yang server wifi tersebut gunakan, bahkan kini sekarang kitapun bisa menshare wifi loh sehingga alat elektronik lainnya yang ada wifinya bisa menggunakan wifi kita untuk berinternet, kini jika sobat memiliki gadget yang ada hostpot wifinya tentu sobat bisa menggunakannya untuk menshare wifi dari gadget sobat.

Definisi dan Pengertian Wi-Fi

Setelah tadi kita berbicara singkat tentang wifi. Nah, sekarang kita bahas apa sih arti sebenarnya dari wifi sendiri ??

Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity merupakan teknologi wireless yang populer untuk saling menghubungkan antar komputer, PDA, laptop dan perangkat lainnya, menghubungkan komputer dan device lain ke internet (misalnya di CafĂ© kita sering melihat tulisan Wi-Fi Hotspot)  atau ke jaringan kabel (ethernet) LAN.



wifi alliance image

Wi-Fi merupakan sebuah wireless LAN brand dan trademark dari Wi-Fi Alliance yang beralamat di www.wi-fi.org, sebuah asosiasi yang beranggotakan Cisco, Microsoft, Apple, Dell dan masih banyak lagi yang lainnnya. Organisasi Wi-Fi ini bertugas untuk memastikan semua peralatan yang mempunyai label Wi-Fi bisa bekerja sama dengan baik.





Kalo jaringan kabel LAN yang biasa kita gunakan menggunakan teknologi IEEE 802.3 atau yang dikenal dengan ethernet, maka jaringan Wi-Fi menggunakan teknologi gelombang radio berdasarkan standard IEEE 802.11 yang mengurusi standard Wireless LAN (WLAN)


CONTOH PENERAPAN DARI WIRELESS
Sekarang saya akan membahas tentang contoh penerapan dari wireless(wifi) dalam kehidupan kita sehari-hari, simak ya contohnya. 
Berikut contohnya :
Salah satu universitas di Bekasi ingin membuat suatu jaringan wifi agar setiap mahasiswanya dapat berinternet/mencari informasi menggunakan gadget mereka masing-masing, namun jaringan wifi yang di buatnya sebatas lingkungan kampus saja. Sebut saja si Rino, dia memiliki Laptop yang ada jaringan wifinya di laptopnya, maka Rino dapat melihat ada wifi yang terbaca di laptopnya, kebetulan itu adalah wifi yang bernama "kampusku", Nah sekarang Rino hanya tinggal klik connect dan memasukan username dan password yang telah di berikan kampus kepada tiap mahasiswanya, maka kini Rino dapat berinternet dan mencari informasi tentang tugasnya.
Kesimpulannya : Wifi tentu sangat berguna untuk kita dapat mencari semua hal yang mau kita cari di Internet namun dengan jaringan yang mudah tanpa kabel internet.

Terimakasih Sobat Telah Berkunjung Ke Blog saya ini :)

Sumber :
- Buku "wifi, teori, dan implementasi" bukukita
http://www.catatanteknisi.com/2011/11/pengertian-definisi-jaringan-wifi.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Wi-Fi

http://mnovessro.weebly.com/blog/apa-yang-perlu-anda-ketahui-tentang-wifi

1 komentar:

Design by Adsense Maker | Blogger Theme by Lare Glundengan