Jumat, 28 November 2014



Hallo sobat, setelah sebelumnya saya membahas tentang Wifi Networking yang bisa sobat kunjungi di artikel blog saya sebelumnya. Kini saya akan membahas tentang Html/Protocol yang kepanjangannya adalah Hypertext Markup Language yang tentu sebenarnya sobat pasti tahu jika soabat adalah seorang blogger sejati atau jika sobat adalah web desainer. Disini saya akan sedikit membahas sedikit dulu tentang Html itu sendiri, Sobat tentu seringkan berkunjung ke sebuah website, Nah sobat tahu tidak kenapa website tersebut bisa ada dan bisa seperti itu tampilannya, nah itulah kegunaannya Html, tanpa Html tentu website tidak bisa di bangun, tanpa bahasa pemrograman web, bagaimana website tersebut bisa berdiri. Jika sobat mengira bahwa mendesain Html itu mudah, maka sobat salah, karena menguasai Html itu sulit sobat, kita harus bisa merancang suatu situ yang tampilannya seperti yang kita inginkan, berlum di tambah animasi-animasi atau game-game kecil di situs kita, hmm tentunya sobat harus menguasai Html dulu baru bisa membuatnya. Sobat tentu tahu bahwa suatu situ yang tampilannya sangat menarik dan banyak viewer di situs tersebut, itu karena Html yang situs atau blog tersebut gunakan itu sangat banyak sobat. Tentunya tidak sembarangan loh membuat Html, harus banyak-banyak belajar, agar kita mampu membuat website atau blog kita menarik dan kita biasa mendatangkan banyak viewer ke website kita.

DEFINISI  HTML 

Setelah tadi kita berbincang-bincang sedikit tentang Html, sekarang kita bahas apa sih arti sebenarnya Html sendiri.
HTML adalah kependekan dari Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa pemrogaman yang khusus dirancang untuk mendesain sebuah webpage atau halaman web. Ya, itu perngertian yang diambil dari post-post saya sebelumnya. Dokumen HTML ini bisa kita buat dengan software teks-teks editor maupun software web developer. Tapi sebagai seorang pemula, termasuk saya, ada baiknya menggunakan PHPDesigner, Ms Frontpage 2003, dan software-software editor HTML lainnya, mengapa? Karena sodtware-software itu telah menyediakan banyak tag dan atributnya, sehingga pengguna tidak akan kesulitan dalam menentukan tag untuk sebuah elemen.

html, CSS, Blogger, belajar, dasar, pemrograman, learning, how to, basic




Eeeeiiit....tunggu dulu. Sebelum membuat dokumen HTML atau webpage, apa yang harus disiapkan? gampang saja, Sebelum membuat dokumen ini, kita diwajibkan mengerti atau paham tentang istilah-istilah yang ada dalam HTML.

Pertama, kita diharuskan paham tentang struktur sebuah HTML. Sebuah dokumen HTML disusun atas tiga bagian besar, yaitu bagian HTML itu sendiri, Head, dan juga Body. Struktur dasar sebuah dokumen HTML kurang lebih seperti ini:

<HTML>
    <head>
        Tempat meletakkan informasi sebuah webpage
    </head>
    <body>
        tempat menempatkan informasi yang akan ditampilkan ke dalam webpage
    </body>
</HTML>

Sampel diatas, terdiri atas elemen HTML, elemen Head, dan elemen Body. Sekarang, apa pengertian dari Elemen? Oke, Elemen adalah data tunggal yang akan ditampilkan di halaman web. Beberapa contoh elemen lain seperti ini:

<h1>Blog Lintang</h1>

Kedua, kita juga diharuskan mengerti apa itu tag dan atribut. Sekarang pengertian tag dulu, tag adalah kode yang digunakan untuk menandai atau memformat sebuah elemen yang akan ditampilkan di webpage atau halaman web.

Tag terdiri atas kurung buka (<) dan kurung tutup (>), contohnya seperti pada struktur dokumen HTML diatas, <head> merupakan tag head dan <body> merupakan tag body. Lalu, bagaimana cara membuat tag? Pertanyaan yang mudah dijawab. Tag sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu tag pembuka dan tag penutup. Formatnya kurang lebih seperti dibawah ini:

<namatag>data</namatag>

Kalo kita perhatikan seksama, contoh diatas memuat dua tag, tag yang didepan tidak ada garis miringnya. Sedangkan yang di belakan ada. Mengapa demikian? Sebuah elemen diformat dengan menggunakan dua tag, tag yang satu berfungsi sebagai tag pembuka dan satunya sebagai tag penutup. Nah, diantara tag pembuka dan penutup tersebut, kita menaruhkan data yang akan ditampilkan di webpage, atau biasa disebut elemen.

Berikut ini merupakan beberapa contoh elemen:
<p>...</p> digunakan untuk memformat paragraft teks
<table>...</table> digunakan untuk membuat tabel, dll

Didepan tadi saya telah jelaskan bahwa tag terdiri atas pembuka dan penutup, ada juga tag yang tidak disertai penutupnya, yaitu;
<br> membuat paragraft
<hr> membuat garis horizontal
<li> membuat list teks

Saat kita paham tentang elemen tag, kita juga diharuskan paham tentang apa itu atribut. Perhatikan contoh dibawah ini:

<font>...</font>
<font type="courier new">...</font>

Apa persamaan dari contoh diatas? Keduanya sama-sama tag, jawaban benar. Lalu apa perbedaannya? Pada contoh diatas, dibaris yang kedua, ada unsur type="courier new", nah itulah yang dinamakan atribut. Pada baris pertama, tag hanya memunculkan teks biasa pada browser, tapi pada baris kedua, tag akan memunculkan teks dengan jenis huruf courier new.

CONTOH PENERAPANNYA
Sekarang kita lihat sobat contoh penerapan HTML, disini saya akan buat contoh penerapan Html di kehidupan sehari-hari ya sobat. Berikut contohnya :
Ibu Ani ingin membuat bisnis online, namun Ibu Ani tidak dapat membuat website online yang isinya barang-barang yang nantinya akan ia jual online. Maka Ibu Ani menggunakan jasa Website Desainer untuk membuatkan website online sesuai dengan yang Ibu Ani inginkan, setelah 1 bulan website online tersebut baru selesai dan kini Ibu Ani dapat menjual barangnya secara online.
Kesimpulan  mwmbuat wesbsite atau blog yang menarik tentu harus menggunakan HTML yang banyak dan cukup sulit juga, jadi jika sobat ingin membuat website sobat menjadi bagus dan menarik tentu sobat harus belajar HTML dulu ya dan mengimplementasikannya ke website sobat tersebut.

Terimakasih Sobat Sudah Berkunjung Ke Blog Saya Ini :)

sumber:
- Buku "Pemrograman web dengan HTML"

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Adsense Maker | Blogger Theme by Lare Glundengan