Senin, 28 April 2014

MANUSIA  DAN  TANGGUNG JAWAB

      Bicara tentang hidup ini, kita sebagai manusia, adalah makhluk sosial yang sepatutnya menghargai dan merima apapun masukan dan kepercayaan yang diberikan orang lain untuk kita. Manusia hakikatnya memiliki rasa percaya dan rasa kebersamaan yang memang diberikan Tuhan, karena memang kita adalah makhluk yang disebut sebagai makhluk sosial. Manusia punya arti yang memang hakikatnya adalah untuk saling menghormati, manusia memikiki arti yang untuk saling memahami. Manusia ada untuk kebersamaan, manusia ada , dan manusia terlahir yang harus memiliki dan memahami arti dari tanggung jawab. Tanggung jawab terhadap apapun yang ada disekitar kita yang memang di berikan suatu kepercayaan atau suatu bentuk yang memang tercipta untuk kita. Bertanggung jawab bukan merupakan kerepotan atau kesulitan dalam menjalaninya kuncinya kita cukup ikhlas dalam menjalaninya, sabar, dan bersikaplah seolah memang kita yang wajib melakukannya. Nah dibawah kita bahas mengenai tanggung jawab.

Tanggung jawab

      Tanggung jawab adalah hal yang sudah ada dalam diri kita, suatu sikap manusia harus mengeluarkan tanggung jawab yang kita miliki tersebut. Jangan hanya bisa merasakan suatu kenikmatan ataupun kelimpahan yang diberikan kepada kita. Seperti contohnya wakil rakyat yang dipilih oleh rakyatnya, namun ia hanya menikmati hasilnya atau uangnya, tapi dalam pekerjaannya ia tidak bertanggung jawab, ia tidak bertanggung jawab terhadap rakyatnya, ia tidak bertanggung jawab terhadap negaranya, dan yang paling parah ia melupakan tanggung jawabnya terhadap agamanya. Agama mengajarkan kita untuk hidup baik, untuk hidup menghargai dan bertanggung jawab pada apa yang kamu punya, pada apa yang dilimpahka terhadap kamu, pada kekuasaan apapun yang diberikan kepadamu. Tapi kadang-kadang setiap manusia kita lupa. Kadang-kadang kita tau namun tidak menghiraukannya. Kita bisa lebih baik lagi, ya dengan bertanggung jawab terhadap apaun yang telah kita dapati.  Cara untuk bertanggung jawab kita bahas selanjutnya.

Cara untuk bertanggung jawab

Berikut ini sudah saya rangkum apa saja atau bagaimana cara kita untuk bertanggung jawab
11.   Tanggung jawab adalah sikap kita terhadap sesame ataupun yang lainnya. Cara untuk itu adalah Ikhlas, dan jalani semuanya dengan bahagia. Dan ikhlaslah mengaku jika kita memang salah.
22.  Kebaikan hidup ini adalah bagaimana cara kita menjaga. Jagalah apapun yang kita punya dengan sepenuh hati, karena itu merupakan tanggung jawab yang diberikan pada kita. Contohnya ya harta, anak, jabatan, teman-teman, dan semua orang-orang yang ada dihidup kota ini.
33. Jangan menyia-nyiakan apapun yang kita dapat, tetaplah melindunginya. Tetaplah menghargainya, karenaaa yang kita dapat, kita tak akan mendapatkan yang kita mau tanpa adanya orang lain disekitar kita.

Yuk mulai sekarang kita bertanggung jawab terhadap apa yang diberikan pada kita. Ikhlas dan jalani hidup dengan bersemangat dan senang. Semuanya akan jauh lebih baik lagi.

Sumber:
- id.wiktionary.org/wiki/tanggung_jawab

- http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf

- id.wiktionary.org/wiki/sabar

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Adsense Maker | Blogger Theme by Lare Glundengan