Kamis, 30 Maret 2017

      Hai guys, selamat datang kembali di blog tipskompunet kali ini, terimakasih karena kalian sudah mengklik artikel ini. Kali ini saya akan membahas mengenai apa itu Electronic Data Interchange (EDI). Mungkin bagi kalian yang membaca artikel ini masih jarang mendengar istillah tersebut, atau bahkan belum mengetahuinya sama sekali. Maka berikut ini saya akan berikan penjabaran lengkapnya.

* EDI (Electronic Data Interchange) *



A. Definisi

     Baik, EDI atau singkatan dari Electronic Data Interchange sebenarnya adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer-antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati, dimana antara dua pihak yang berhubungan yang memiliki sistem dan aplikasi yang berbeda dihubungkan dengan teknologi. 

      EDI juga salah satu metode pertukaran bisnis yang mengacu pada bidang bisnis yang sangat komersial dengan menggunakan standar format yang telah ditentukan serta disepakati bersama oleh sebagian besar organisasi-organisasi yang ada.

    EDI juga merupakan mekanisme untuk pertukaran data-data untuk keperluan bisnis secara elektronis. Adanya EDI dapat mempercepat proses bisnis. Kelemahan EDI adalah implementasinya yang sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Internet, mulai muncul EDI (over) Internet, dan Open EDI yang diharapkan dapat menekan biaya dengan menggunakan Internet.


B. Manfaat EDI

- Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari teknologi
- Manfaat Tidak Langsung : manfaat lain yang dihasilkandari manfaat langsung.* Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
Mengurangi Kesalahan
Mengurangi biaya
Meningkatkan efisiensi operasional
Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
Meningkatkan pelayanan pelanggan

C. Standar EDI
Adapun standar EDI yang masih berlaku sampai dengan saat ini adalah :
- Spec 2000
- Ansi X12 Standar AS & Canada
- EDIFACT ( Standar Eropa)
- ANSI
- TRADACOMS
- ebXML
       Standar diatas adalah format standar bagaimana data di transmisikan, informasi apa yang harus di kirimkan, dalam bentuk format apa ( apakah integer, decimal, mmddyy). Bisa dikatakan inilah protokolnya, tanpa standar yang baku bisa jadi masing masing mesin mengeluarkan satu format yang belum tentu mesin yang lain faham.

Nah, seperti itulah penjelasan mengenai EDI. Semoga kalian sudah memahami apa itu makna dari Electronic Data Interchange. Terimakasih sudah berkunjung ke TipsKompunet yaaa... Sampai Jumpa :)

Link Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar

Design by Adsense Maker | Blogger Theme by Lare Glundengan